Pulau Cambang-cambang

Jumat, 12 Des 2015 | 11:00:00 WIB, Dilihat 533 Kali

Oleh Hamdan Arfandy

Pulau Cambang-cambang Pulau Cambang-Cambang telah didesain menjadi pintu masuk atau gerbang wisata bahari untuk menarik minat mengunjungi pulau-pulau lainnya

Baca Juga : Pulau Kapoposang


Pulau Cambang-Cambang telah didesain menjadi pintu masuk atau gerbang wisata bahari untuk menarik minat mengunjungi pulau-pulau lainnya yang berada tidak jauh dari Pulau Cambang-Cambang. Walau tahap pembangunannya baru sekitar 80 persen, tetapi Pulau Cambang-Cambang telah dibuka sejak Desember 2014 lalu dan kini pulau seluas 1,4 hektare ini telah menjadi ikon baru pariwisata Pangkep.

Jika mengunjungi Pulau Cambang-Cambang, anda juga bisa mengunjungi pulau-pulau di sekitarnya. Seperti, Pulau Pajenekang, Pulau Saranti, Pulau Cangke, Bana-Banawang, dan Pulau Badi.

Di Pulau Pajenekang, anda bisa melakukan wisata religi. Pengunjung bisa menikmati acara temmu taung yang diadakan setiap Desember pada tiga kali Jumat. Ada banyak versi dari latar belakang acara ini. Ada yang mengungkapkan jika ritual temmu taung diperingati sebagai Hari Jadi Pulau Pajenekang. Acara ini juga sebagai ajang silaturahmi antar warga karena pada saat acara temmu taung, warga Pajenekang yang merantau biasanya akan pulang ke kampung halamannya.

Selain itu, acara tersebut juga sebagai bentuk rasa syukur karena di bulan Desember 1907, pahlawan Haruna Rasido yang ditangkap dan mendapatkan penyiksaan dari Belanda dibebaskan. Tak hanya temmu taung, Pajenekang juga rutin mengadakan acara pada bulan Muharram yang disebut Muharrang.

Satu lagi wisata reliji yang sayang dilewatkan di pulau yang tak jauh dari Camba-cambang ini, yaitu mengunjungi makam penyebar Islam Syekh Naimang dan Bantang Haruna Rasyid.

Bagi Anda pehobi memancing, Anda bisa mengunjungi Pulau Saranti. Beberapa ikan yang banyak terdapat di spot ini diantaranya  Layur, Mata belong, Kerapu, Ruby Snapper, Buntala Kipas, dan lain-lain.

Pulau Cangke bisa ditempuh kurang lebih 30 menit dari Pulau Cambang-Cambang. Pulau ini merupakan pulau tempat perkembangbiakan penyu. Karena itu, walau bisa dikunjungi, pengunjung dilarang menginap di Pulau Cangke. Di sini, pengunjung bisa melihat penangkaran penyu dan telur-telur penyu.

Mau menikmati snorkling di spot yang tidak biasa, pengunjung bisa mendatangi pulau Bana-Banawang yang tak berpenghuni. Tempat ini tentu saja siap menghadirkan pemandangan bawah laut yang menarik. Sebenarnya, pencinta snorkling punya alternatif banyak tujuan. Selain pulau Bana-Banawang juga bisa mengunjungi Pulau Cengkeh dan juga Pulau Badi.

Akses menuju pulau Cambang-Cambang juga terbilang mudah dan cukup murah. Pengunjung yang ingin berwisata ke Cambang-Cambang bisa mengakses dari Dermaga Maccini Baji Labakkang. Dari sana, pengunjung bisa menyewa perahu-perahu masyarakat seharga Rp150.000/kapal dengan jarak tempuh 10 – 15 menit, serta biaya masuk Pulau Cambang-Cambang sebesar Rp10.000/orang.

Untuk memanjakan pengunjung, saat ini Pulau Cambang-Cambang telah memiliki 11 unit tempat penginapan kecil dari 33 unit yang ditargetkan. Nantinya Pulau Cambang-Cambang juga akan dilengkapi dengan waterboom yang berpadu dengan laut.



Pulau Kapoposang
  • Pulau Kapoposang

    Jumat, | 11:00:00 | 275 Kali