Pelabuhan Paotere

Jumat, 12 Des 2015 | 11:00:00 WIB, Dilihat 287 Kali

Oleh Hamdan Arfandy

Pelabuhan Paotere Paotere adalah suatu pelabuhan perahu yang terletak di Kecamatan Ujung Tanah, Makassar.

Baca Juga : Benteng Roterdam


Paotere adalah suatu pelabuhan perahu yang terletak di Kecamatan Ujung Tanah, Makassar. Pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan rakyat yang masih bertahan dan merupakan bukti peninggalan Kerajaan Gowa - Tallo sejak abad ke-14, sewaktu memberangkatkan sekitar 200 armada Perahu Phinisi ke Malaka.

Pelabuhan Paotere sekarang ini masih dipakai sebagai pelabuhan perahu-perahu rakyat, seperti Phinisi dan Lambo, dan juga menjadi pusat niaga nelayan. Dapat dilihat di sepanjang jalan di pelabuhan berjejer toko-toko yang menjual berbagai macam jenis ikan kering, perlengkapan nelayan, serta beberapa restoran seafood.

Pelabuhan Paotere merupakan salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan. Di Pelabuhan Paotere, para wisatawan akan disuguhi deretan kapal rakyat khas Makassar, Kapal Phinisi.

Saat ini, Pelabuhan Paotere telah dijadikan sebagai kawasan pariwisata dikarenakan mampu mampu menarik wistawan untuk berkunjung ke pelabuhan ini. Pelabuhan Paotere dikenal dengan beberapa makanan khasnya seperti ikan bakar dengan sambal cobe-cobe, yang merupakan sambal khas Makassar.

Ikan yang disajikanpun beragam. Seperti ikan kerapu, ikan cepak, dan ikan baronang. Ketiganya adalah menu andalan. Selain itu, ada juga menu seafood lainnya seperti kepiting, udang, dan cumi cumi. Untuk oleh-oleh, ada juga ikan yang telah diawetkan seperti ikan teri, ikan kakap merah, ikan asin. Ikan-ikan olahan ini dapat kita jumpai di sepanjang warung-warung Paotere



Benteng Roterdam
  • Benteng Roterdam

    Jumat, | 11:00:00 | 559 Kali