Pantai Punaga

Jumat, 12 Des 2015 | 11:00:00 WIB, Dilihat 254 Kali

Oleh Hamdan Arfandy

Pantai Punaga Jika anda sedang mencari referensi wisata bahari yang masih alami, Pantai Punaga di Kabupaten Takalar patut anda kunjungi.

Jika anda sedang mencari referensi wisata bahari yang masih alami, Pantai Punaga di Kabupaten Takalar patut anda kunjungi. Pantai ini masih natural, dengan pemandangan yang alami. Kontur pantai yang bervariasi memikat mata tiada habisnya. Pasirnya nan bersih dilengkapi tebing-tebing batu yang curam menambah pesonanya.

Lautnya membiru bening dan terus membuncah. Belum lagi buih-buih gelombang dengan latar lautan luas menghampar sepanjang mata memandang. Pasir pantai yang bersih serta burung camar menyanyi menambah kenikmatan apalagi ditiup angin pantai yang tiada henti berembus.

Pemandangan Pantai Punaga ini nyaris mirip dengan Tanah Lot Bali. Bahkan menurut banyak orang, Pantai Punaga adalah salah satu surga tersembunyi yang ada di Sulawesi Selatan. Di pantai ini, pengunjung bisa melakukan aktivitas berenang dan snorkling. Tapi tetap harus hati-hati lantaran banyak batuan karang yang licin dan tajam. Upayakan untuk memakai sepatu renang untuk melindungi kaki.

Pantai Punaga masih menawarkan suasana pantai yang eksotis, karena belum menjadi lahan komersil. Buat yang ingin menginap, disiapkan fasilitas pemondokan yang layak. Istimewanya, para pengunjung pun dapat memesan secara langsung berbagai macam ikan laut dari nelayan setempat untuk disantap bersama dengan keluarga. Ikan nan segar, dari berbagai jensi menjadi santapan yang menyegarkan.

Selain itu terdapat beberapa gazebo yang bisa ditempati jika sekedar ingin beristirahat sebentar sambil menikmati pemandangan pantai yang molek ini. Jika ingin menyewa pondokan silakan bernego langsung dengan pihak pengelola, biasanya sekitar Rp500 ribu sampai Rp1 juta permalam. Pandai-pandailah menawar supaya bisa mendapatkan harga miring.

Bagi yang merencanakan pernikahan, lokasi ini juga sangat pas jika ingin dijadikan sebagai lokasi pemotretan Pra Wedding. Ada beberapa tempat yang cantik di kawasan ini yang bisa dijadikan sebagai lokasi pemotretan semisal di sekitar ujung tebing, di goa-goa kecil yang ada di samping-samping tebing atau di pantainya sendiri. Di lokasi ini juga terdapat satu pohon unik yang berada di samping vila yakni sebuah pohon lontar yang dibalut oleh pohon lain.

Pantai ini terletak sekitar lima kilometer sebelum perbatasan Kabupaten Takalar –Jeneponto. Bagi yang tidak punya kendaraan, dari Makassar bisa melalui Terminal Mallengkeri naik mobil sejenis panther jurusan Jeneponto dengan biaya sewa Rp 30.000. Setelah itu Anda bisa turun di depan Tape Jawa kemudian naik ojek menuju ke Pantai Punaga dengan sewa sekitar Rp20 ribu. Atau kalau punya biaya lebih, bisa menyewa mobil dari Makassar dengan kisaran harga Rp400 ribu per hari. Tunggu apalagi?