Lo ko Mata

Jumat, 12 Des 2015 | 11:00:00 WIB, Dilihat 399 Kali

Oleh Hamdan Arfandy

Lo ko Mata Pernahkan anda membayangkan sebuah batu besar yang berisi banyak mayat didalamnya? Bahkan, batu tersebut dijadikan tempat wisata.

Pernahkan anda membayangkan sebuah batu besar yang berisi banyak mayat didalamnya? Bahkan, batu tersebut dijadikan tempat wisata. Anda bisa menemukannya di Kabupaten Toraja Utara.

Loko Mata biasa diartikan sebagai lubang. Lubang-lubang berisi mayat yang berada di sebuah batu besar. Lubang ini berisi lebih dari satu mayat. Biasanya dalam satu lubang terdapat beberapa mayat satu keluarga.

Batu tersebut sudah dijadikan tempat penyimpanan mayat oleh masyarakat Toraja sejak lama. Hal semacam ini memang sudah jadi adat masyarakat setempat.

Terletak di sekitar 30 kilometer dari Kota Rantepao, sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang sangat menarik berupa sawah-sawah serta puluhan kubur batu. Meskipun jalan nya sempit dan banyak lubang, tetapi ada kepuasan di mata karena melihat banyak keunikan sepanjang jalan. Lokomata berada di wilayah lereng Gunung Sesean, di Desa Pangden.

Lokomata berada di ketinggian. Di sepanjang jalan menuju Loko Mata, banyak terdapat Tongkonan milik warga. Para wisatawan bisa mengabadikan gambar di tongkonan-tongkonan yang dilalui sepanjang jalan menuju Loko Mata