Kampung Sutra

Jumat, 12 Des 2015 | 11:00:00 WIB, Dilihat 442 Kali

Oleh Hamdan Arfandy

Kampung Sutra Agrowisata Sutra merupakan salah satu destinasi wisata Sulawesi Selatan yang menjadi andalan Kabupaten Wajo

Baca Juga : Danau Tempe


Agrowisata Sutra merupakan salah satu destinasi wisata Sulawesi Selatan yang menjadi andalan Kabupaten Wajo. Di kawasan objek wisata ini, pengunjung dapat menyaksikan proses pembuatan sutra, mulai dari penanaman murbei sampai penenunan kain sutra.

Tahap penanaman murbei sampai proses pembuatan kain sutra, sudah sejak lama menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Wajo. Proses pembibitan dan penanaman murbei berlokasi di beberapa desa di Kecamatan Sabbangparu, yaitu sekitar 10 kilometer sebelah selatan Kota Sengkang.

Untuk dapat sampai ke lokasi tersebut, pengunjung bisa melalui jalan poros menuju Kabupaten Soppeng. Di kawasan Agrowisata Sutra ini, pengunjung dapat menyaksikan proses penanaman murbei, kemudian cara pemeliharaan ulat sutra, proses pemintalan benang sutra, sampai proses penenunan kain sutra.

Di tempat wisata yang satu ini tersedia juga berbagai produk sutra yang sudah jadi. Seperti kain, sarung, kemeja, dasi, dan berbagai bentuk cindera mata lain yang terbuat dari sutra seperti tas dan kipas.

Hasil pengolahan sutra bisa dijumpai di showroom sutra yang ada di Kota Sengkang. Di sana sudah tersedia kain sutra dengan berbagai warna dan motif yang indah. Motif yang paling banyak diminati oleh masyarakat yaitu motif Bugis dan motif yang menyerupai ukiran Toraja.



Danau Tempe
  • Danau Tempe

    Jumat, | 11:00:00 | 254 Kali