Buttu Kabobong

Jumat, 12 Des 2015 | 11:00:00 WIB, Dilihat 416 Kali

Oleh Hamdan Arfandy

Buttu Kabobong Gunung Buttu Kabobong atau disebut juga Gunung Nona, berada di wilayah Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang.

Gunung Buttu Kabobong atau disebut juga Gunung Nona, berada di wilayah Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang. Salah satu keunikan gunung ini, adalah bentuknya yang menyerupai alat kelamin perempuan.

Gunung ini mempunyai keindahan alam yang sangat bagus sekali. Deretan gunung yang berderet-deret membentuk sebuah bentuk yang sangat unik. Dikelilingi oleh sungai yang mengalir dengan jernih dan hamparan rumput hijau yang memanjakan mata.

Anda juga bisa mendaki gunung ini. Tinggi dari Gunung Nona ini kurang lebih sekitar 1.157 di atas permukaan laut. Keindahan alam dari gunung ini memang sudah sangat terkenal di kalangan turis lokal maupun turis internasional.

Jika anda beruntung, disini anda bisa melihat keindahan sunrise dan sunset yang sangat memukau. Keindahan sunrise dan sunset di gunung ini memang sudah sangat terkenal. Tak hanya bisa menikmati keindahan alam gunung, disini anda juga bisa melihat berbagai macam flora dan fauna unik khas Gunung Nona.

Di sekitar Gunung Nona terdapat beberapa goa dan benteng-benteng peninggalan zaman penjajahan. Tempat ini memang memiliki pesonannya tersendiri yang tidak kalah dari gunung lainnya. Makanya sampai saat ini gunung ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Terutama buat orang yang suka naik gunung.

Untuk menuju ke Gunung Nona tak begitu sulit. Pertama anda harus menuju ke Kabupaten Enrekang. Dari Kota Makassar menuju ke Kabupaten Enrekang kurang lebih menempuh jarak 253 kilometer. Anda bisa menggunakan bus antar kota, kurang lebih akan memakan waktu 5 jam perjalanan.

Dari Enrekang, anda langsung menggunakan bus umum menuju ke Desa Bambapuang. Untuk menuju ke desa itu, anda harus menempuh waktu 20 menit. Dari sana anda langsung melihat pemandangan Gunung Nona ini. Jika ingin naik gunung, anda tinggal mencari pos pendakian.

Pemandangan gunung di Sulawesi ini paling bagus dilihat secara dekat, karena pemandangan di lembah gunungnya sangat indah. Buat anda yang suka wisata gunung, tempat ini wajib untuk dikunjungi. Mungkin liburan yang akan datang, gunung Buttu Kabobong bisa menjadi list tempat wisata anda