Luwu Expo

Oleh: STIC Dinas Pariwisata Sulsel 12 Desember 2015 - 12:12:00 WIB | dibaca: 571 pembaca

Luwu Expo

Luwu Expo merupakan pameran yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Jadi Ibukota Kabupaten Luwu, Belopa. Biasanya, pameran pembangunan ini digelar selama sepekan. Setidaknya, ada sekitar 120 stand lebih yang akan berdiri dalam Luwu Expo yang terdiri dari stand dari 22 kecamatan se Kabupaten Luwu, 34 stand SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu, hingga stand instansi vertikal, perbankan dan pemerintah daerah lain yang ikut berpartisipasi.



Luwu Expo biasanya juga diramaikan dengan keikutsertaan sejumlah perusahaan otomotif, fashion, aksesories, eletronik dan furniture, developer, serta UMKM yang ada di Kabupaten Luwu maupun dari daerah lain. Stand-stand ini diisi berbagai hasil-hasil kerajinan dari produk-produk yang berciri kearifan lokal yang berasal dari kecamatan-kecamatan se Kabupaten Luwu. Acara ini juga diramaikan dengan sejumlah pagelaran musik dan permainan serta pesta kembang api.



Jika menghadiri Luwu Expo, jangan lupa mencicipi Kopi Bisang, khas Latimojong Kabupaten Luwu. Bisang dalam pengertian bahasa daerah setempat yakni memungut kopi (Ma’bisang) yang telah dimakan kemudian dimuntahkan oleh sejenis hewan yang sekarang dikenal dengan nama “Luwak”. Yang kopinya dikenal juga dengan “Kopi Luwak”. Namun Bisang sedikit lebih kecil daripada Luwak. Karena proses kopi Bisang yang berbeda dengan Kopi Luwak yakni kopi yang jatuh dari pohonnya kemudian dikuliti dan kemudian dibuang dengan cara memuntahkan oleh sejenis hewan Bisang ini, sehingga tidak menimbulkan kontroversi dikalangan pemuka agama.



Untuk diketahui, hasil kopi Bisang ini juga sedikit lebih kasar dan berasal dari jenis kopi Arabica, yang menurut masyarakat disekitar desa tersebut yang telah lama membudidayakan Kopi Bisang. Selain enak diminum, kopi Bisang juga mempunyai khasiat sebagai obat penambah stamina. Karena stok yang terbatas sehingga tidak mudah mendapatkan Kopi Bisang seperti kopi kebanyakan yang dijual umum di masyarakat.


Tanggal : 11 Februari 2016 13 Februari 2016
Tempat : luwu
Pukul    : 12:12:00
STIC Dinas Pariwisata Sulsel
Penulis: STIC Dinas Pariwisata Sulsel