Gantarang Keke Festival

Oleh: STIC Dinas Pariwisata Sulsel 12 Desember 2015 - 09.00 - Selesai WIB | dibaca: 390 pembaca

Gantarang Keke Festival

Perayaan Festival 10 Sya`ban Gantarang Keke atau dikenal dengan pesta adat Gantarang Keke digelar di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Festival 10 Sya`ban Gantarang Keke dilaksanakan secara turun temurun sejak dahulu kala.



Adat Gantarang Keke terdiri dari 12 pemangku adat yakni Jannang Nipa-nipa, Jannang Korong Batu, Jannang Moti, Tau Toana Moti, Tau Toana Kaloling, Tau Toana Gangking, Tau Toana Kindang, Tau Toana Campaga, Gallarrang Campaga, Gallarrang Lembang, Tau Toana Gantarang Keke dan Gallarrang Gantarang Keke.  Kegiatan yang melibatkan seluruh pemangku adat di Kabupaten Bantaeng ini merupakan implementasi dari pesan leluhur.



Acara dirangkaikan dengan beberapa lomba seperti A`gasing (Lomba Gasing), A`longga` (Lomba Egrang), A`raga (Sepak Raga) dan A`manca` (Pertarungan Silat Tradisional). Ribuan pengunjung dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan berdatangan untuk melihat lebih dekat kebesaran Bantaeng melalui budayanya pada acara ini.



Makna pelaksanaan festival ini mengandung nilai yang sangat luar biasa, yakni mempererat dan memperkokoh rasa kekeluargaan persaudaraan dan gotong royong. Juga menjadi media untuk membersihkan diri dari segala noda, dosa dengan saling memaafkan yang terbungkus dalam nilai budaya sebelum memasuki bulan suci Ramadan.



Festival 10 Sya`ban Gantarang Keke merupakan salah satu ikon daya tarik dan magnet pariwisata dan budaya Kabupaten Bantaeng. 


Tanggal : 04 Juni 2016 4 Juni 2016
Tempat : bantaeng
Pukul    : 09.00 - Selesai
STIC Dinas Pariwisata Sulsel
Penulis: STIC Dinas Pariwisata Sulsel