Festival Cinta Habibie Ainun

Oleh: STIC Dinas Pariwisata Sulsel 12 Desember 2015 - 09.00.00 WIB | dibaca: 392 pembaca

Festival Cinta Habibie Ainun

Festival Cinta Habibie Ainun dilaksanakan dalam rangka peringatan hari nikah Habibie dan Ainun, di Kota Parepare. Festival ini diisi dengan membacakan puisi dan menghias untuk istri, pergelaran seni bertema cinta dan nikah massal. Setiap pasangan kemudian diarak dengan becak hias mengelilingi Kota Parepare.



Bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah mengenal sosok Baharuddin Jusuf Habibie, Presiden ketiga Republik Indonesia. Kisah cintanya dengan mendiang sang istri, ibu Ainun Habibie yang dikisahkan lewat layar lebar beberapa tahun yang lalu mampu membuat siapapun terharu dan terenyuh melihat kedalaman cinta mereka. Kisah cinta sejati BJ Habibie dan Ainun bukan hanya diabadikan di layar lebar, tetapi juga diabadikan lewat sebuah monumen yang ada di Parepare, Sulawesi Selatan.



Monumen yang terbuat dari perunggu ini sengaja dibuat di daerah Parepare karena kota tersebut merupakan kota kelahiran BJ Habibie. Monumen ini selalu ramai dan tidak pernah sepi pengunjung. Pengunjung selalu datang dan pergi ke monumen cinta sejati BJ Habibie dan Ainun. Monumen ini diresmikan Mei 2015 yang lalu.



Pada monumen ini berdiri patung Habibie yang memakai jas dan kacamata. Sedangkan sang istri memakai kerudung dan menggengam setangkai bunga. Jumlah pengunjung selalu meningkat pada malam hari. Baik warga setempat maupun pelancong dari seluruh Indonesia datang untuk mengabadikan momen berada di depan monumen cinta sejati BJ Habibie-Ainun. Mayoritas warga berfoto di depan air mancur. Air mancur ini mengelilingi patung BJ Habibie dan Ainun.



Selain patung BJ Habibie-Ainun tersebut, ada foto-foto Habibie dan Ainun yang dipajang di bagian dalam monumen. Tepatnya di bagian belakang patung. Pengunjung hanya perlu menaiki tiga anak tangga dan sudah bisa melihat-lihat puluhan foto mereka. Mulai dari foto mulai dari masa kecil Habibie, saat Habibie menjadi Presiden RI dan foto keduanya berada di Jerman. Mayoritas foto yang dipasang tersirat kebahagiaan mereka. Cinta sejati keduanya pun terasa nyata saat kamu berada di monumen ini dan memberikan inspirasi bagi para pasangan yang berkunjung ke sana.


Tanggal : 12 Mei 2016 15 Mei 2016
Tempat : pare-pare
Pukul    : 09.00.00
STIC Dinas Pariwisata Sulsel
Penulis: STIC Dinas Pariwisata Sulsel