Festival Danau Matano

Oleh: STIC Dinas Pariwisata Sulsel 12 Desember 2015 - 12:12:00 WIB | dibaca: 416 pembaca

Festival Danau Matano

Festival Danau Matano yang digelar di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Festival ini menawarkan tujuh destinasi wisata baru bagi para wisatawan yang berkunjung dalam perayaan tersebut. Seperti Gua Air Matano, Gua Tengkorak, Mata Air Danau Matano (Bura-bura), Benteng Matano, Makam Raja Matano, dan Four Mini Island (empat pulau kecil). Ada juga destinasi lainnya yakni Sungai Lawa (Kali Dingin).



Selain menawarkan keindahan destinasi yang dimiliki kabupaten terluar Sulsel itu, festival ini juga akan menghadirkan beragam acara. Diantaranya pertunjukan seni, musik, dan pemilihan putra putri Danau Matano. Selanjutnya lomba perahu katingting, lomba perahu hias, perahu dayung, lomba tangkap ikan, olahraga air, water mapping, dan water laser.



Selama pelaksanaan festival tersebut, para wisatawan juga berkesempatan menikmati wisata tambang di PT Vale, salah satu perusahaan tambang nikel terbesar di dunia yang berlokasi di Luwu Timur. Untuk lebih menarik pengunjung yang lebih besar, Festival Danau Matano juga dikemas secara berbeda dengan agenda wisata lainnya di Sulsel.



Diketahui, Danau Matano memang menjadi tujuan wisata yang memikat. Dikelilingi pengunungan Verbek yang menyajikan panorama yang indah, Danau Matano juga merupakan danau terdalam ketiga di Asia dan merupakan danau terdalam ke delapan di dunia.



Danau Matano juga memiliki daya tarik berbeda, karena merupakan salah satu danau purba dengan berbagai spesies endemik didalamnya seperti kepiting bungka, udang, siput, keong air tawar. Danau Matano terkenal karena keberadaan ikan purba buttini yang memiliki nama latin Glossogobius matanensis. Keistimewaan danau ini juga karena airnya yang jernih. Wisatawan masih bisa melihat benda yang dibuang ke tengah danau dengan kedalaman 23 meter.


Tanggal : 04 Mei 2015 4 Mei 2015
Tempat : luwu timur
Pukul    : 12:12:00
STIC Dinas Pariwisata Sulsel
Penulis: STIC Dinas Pariwisata Sulsel